Ternak Kambing Yang Menguntungkan Bagi Pemula

Ternak Kambing – Kembali lagi di website kita tercinta hobinyong.com, website yang membahas berbagai macam hobi tidak terkecuali hobi beternak. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara beternak kambing yang menguntungkan bagi pemula. Sebentar lagi kita juga akan memasuki idul adha atau hari raya kurban bagi yang menjalankan.

Tentunya permintaan akan kambing semakin meningkat karena banyak orang yang memesan daging kambing untuk korban, aqiqah maupun di gunakan sebagai olahan makanan lainya. Memulai bisnis ternak kambing merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang ingin mendapatan untung besar hal ini dikarenakan harga kambing yang cukup mahal. Akan tetapi anda harus menunggu waktu yang tidak singkat untuk menjual kambing karena masa pertumbuhan yang relatif lama.

Ternak Kambing Bagi Pemula
Ternak Kambing Bagi Pemula

Beternak kambing adalah salah satu lahan produksi yang dibutuhkan pasar akan permintaan daging kambing untuk bisnis kuliner yang memerlukan daging kambing sebagai bahan utamanya. Sebelum anda memulai beternak kambing alangkah baiknya anda harus mengetahui langkah apa saja sih yang harus dilakukan supaya bisa beternak kambing yang menguntungkan bagi pemula. Berikut kami tuliskan bagaimana cara ternak kambing yang menguntungkan :

Menentukan Kandang Kambing 

Tentunya sebelum anda membeli atau mempunyai kambing hal pertama yang harus anda miliki ialah kandang kambing yang baik. Letak kandang kambing juga harus strategis yang jauh dari orang sekitar dikarenakan kotoran kambing yang bau akan mengganggu orang sekitar kita. Kandang kambing sendiri berfungsi sebagai tempat istirahat, dan perlindungan kambing dari berbagai serangan mangsa. Ada beberapa hal yang harus anda lakukan ketika menentukan kandang kambing, berikut hal yang harus anda lakukan dalam mementukan kandang kambing :

Ternak Kambing Bagi Pemula
Kandang Kambing

Baca Juga : Harga Ayam Bangkok

1. Kandang Kambing Yang Baik

Tentunya anda harus membuat kandang kambing yang baik supaya kambing itu sendiri nyaman untuk tinggal di kandang tersebut. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda menentukan kandang kambing diantaranya sebagai berikut:

    • Tempat yang cukup tinggi dan terhindar dari genangan air.
    • Jaraknya cukup jauh dari rumah atau sumur.
    • Mendapatkan cukup sinar matahari pagi.
    • Terlindung dari tiupan angin langsung (terutama pada malam hari).

2. Ukuran Kandang Kambing

Dalam pembuatan kandang kambing hal yang harus diperhatikan ialah ukuran kandang kambing itu sendiri supaya kambing nyaman saat tinggal di kandang kambing.  Ukuran kandang kambing yang dibutuhkan untuk usaha ternak kambing modern sangat efisien, karena tidak perlu terlalu besar. Sehingga dapat menghemat ruang dan biaya pembuatan kandang. Ukuran kandang kambing yang bagus untuk beternak minimal berukuran 3 X 1,5 meter untuk 10 ekor kambing.

Untuk kandang kambing modern sendiri tidak memerlukan kandang dengan ukuran besar hal ini dikarenakan dalam pemberian pakan terdapat tempat pakan yang minimalis. Selain ukurannya yang berbeda, pemeliharan kebersihan kandang kambing juga dirasa lebih mudah. Kebersihan kandang kambing dirasa lebih mudah karena didukung oleh bentuk kandang yang kecil dengan lantai panggung.

Ternak Kambign Bagi Pemula
Ukuran Kandang Kambing

Dengan ukuran kandang kambing yang relatif kecil dengan populasi kambing yang banyak tentunya akan membatasi ruang gerak dari kambing itu sendiri. Hal tersebut berakibat langsung dengan perubahan energi kambing menjadi semakin kecil dan alhasil kambing sedikit mengeluarkan kotoran dan makanan tersebut berbubah menjaddi daging maupun lemak kambing.

3. Perawatan Kandang Kambing

Untuk menjaga kesehatan dari kambing diperlukan perawatan kandang kambing supaya menghidari terajdinya penyakit yang akan merugikan kambing. Perwatan kandang kambing harus rutin dilakukan supaya kandang tetap bersih dengan membersihkan lantai kandang, kokopan tempat pakan kambing serta memperbaiki sesegera mungkin jika terdapat bagian kerusakan pada kandang kambing.

Memilih Jenis Kambing Untuk Beternak

Setelah anda menentukan kandang dan merawat kandang kambing hal selanjutnya yang harus anda lakukan ialah memilih jenis kambing apa yang harus anda pilih untuk beternak kambing. Ada beberapa jenis kambing yang bisa anda pilih ketika anda beternak kambing. Berikut beberapa jenis kambing yang banyak diternakan diindonesia dan menghasilkan banyak keuntungan :

Baca Juga : Harga Bebek

Ternak Kambing Yang Menguntungkan Bagi Pemula 1
Gambar Kambing Etawa

1. KambingEtawa (Jamnapari)

Jenis kambing yang pertama ialah kambing etawa atau kambing jamnaparri. Kambing etawa atau jamnapari mempunyai ciri-ciri fisik berbadan besar. Tinggi kambing jantan bisa mencapai 90 cm hingga 127 cm, sedangkan kambing betina mencapai 92 cm. Bobotnya bisa mencapai 91 kg untuk yang jantan, sedangkan betina 63 kg.

Kambing etawa sendiri terkenal dengan hasil produksi susunya, bagaimana tidak kambing etawa sendiri mampu menghasilkan susu sebanyak tiga liter perharinya. Akan tetapi selain susunya kambing etawa juga bisa dimanfaatkan dagingnya seperti kambing pada umumnya.

Ternak Kambing Yang Menguntungkan Bagi Pemula 2
Kambing Peranakan Etawa

2. Kambing Peranakan Etawa

Selain memilih kambing etawa sebagai pilihan beternak, peranakan kambing etawa juga tidak kalah menarik dengan kambing etawa sendiri. Beternak kambing peranakan etawa sangat cocok dilakukan di negara kita karena kemampuan beradaptasinya yang sangat baik. Jenis kambing peranakan etawa dapat beradaptasi dengan baik dan memiliki gerakan yang lincah dan tidak jarang kambing peranakan etaw disebut sebagai kambing lokal.

Kambing peranakan etawa sendiri merupakan hasil keturunan dari kambing etawa dan kambing kacang lokal. Kambing peranakan etawa memiliki ciri warna bulu yang belang hal ini dikarenakan persilanganya kambing etawa dengan kambing kacang lokal. Sementara badannya besar seperti kambing Etawa dengan bobot mencapai 91 kg untuk kambing jantan, sedangkan betina bisa 63 kg. Bentuk dahi, hidung dan tanduk sama persis dengan kambing Etawa.

Ternak Kambing Yang Menguntungkan Bagi Pemula 3
Gambar Kambing Gibas

3. Kambing Gibas

Jenis terakhir yang biasa diternak diIndonesia sendiri adalah kambing gibas. Kambing gibas sendiri merupakan nama lain dari domba. Kambing gibas atau domba memiliki ciri-ciri dengan tubuh yang bulat dan memiliki bulu yang tebal yang menutupi tubuh kambing gibas. Kambing gibas atau domba lebih banyak dibudidayakan diekspor karena kambing gibas biasa dimanfaatkan untuk diambil bulunya yang digunakan untuk membuat berbagai macam pakaian seperti jaket dan lain-lain.

Ternak Kambing Yang Menguntungkan Bagi Pemula 4
Pemilihan Bibit Kambing Atau Cempe

Pemilihan Bibit Kambing Yang Berkualitas

Pemilihan bibit kambing yang berkualitas sendiri sangat menentukan akan keberhasilan dari usaha ternak kambing. Hal itu dikarenakan dengan pemilihan bibit kambing yang berkualias akan membuahkan hasil yang berkualitas pula baik itu daging, susu, maupun bulunya. Berikut kami tuliskan ciri-ciri bibit kambing yang berkualitas agar anda tidak salah pilih ketika beternak kambing :

    • Berumur lebih dari 6 bulan.
    • Berekor gemuk (bukan berbentuk cambuk).
    • Badan panjang, jantan (lebih diutamakan).
    • Tegap dan sehat.

Anakan kambing yang berusia lebih dari 6 bulan dipilih karena pada usia ini sudah memasuki periode pembentukan daging sehingga lebih cepat gemuk. Anakan kambing yang berusia kurang dari 6 bulan tidak digunakan karena masih dalam periode pembentukan tulang sehingga butuh waktu lama untuk proses penggemukan.

Pemberian Pakan Kambing Yang Berkualitas

Setelah anda memilih kambing dan cara perawatan kambing hal yang dilakukan selanjutnya ialah pemberian pakan kambing yang berkualitas. Pemberian pakan kambing juga tidak bisa kita anggap remeh, hal itu dikarenakan pemberian pakan kambing berpengaruh langsung terhadap hasil produksi kambing baik dalam bentuk daging, susu, maupun bulunya.Pada dasarnya makanan kambing ialah rumput hijau, tetapi semakin bekembangnya jaman makanan kambing tidak melulu rumput hijau.

Ternak Kambing Yang Menguntungkan Bagi Pemula 5
Pemberian Pakan Kambing Berkualitas

Mulai banyak inovasi-inovasi baru mengenau pakan kambing yang memiliki kualitas baik. Namun pakan rumput kurang optimal untuk pertumbuhan kambing jika kita akan beternak kambing. Sebaiknya tambahkan makanan lain seperti bekatul, ampas tahu, dan ketela pohon yang dicacah terlebih dulu. Konsentrat ini sangat bermanfaat untuk penggemukan kambing dan kaya akan nutrisi, gizi, serta serat vitamin.

Baca Juga : Ternak Ayam Potong

Namun pemberian pakan kambing berupa rumput hijau harus terus diberikan karena pemberian pakan rumput akan lebih baik dicerna oleh pencernaan kambing itu sendiri. Pemberian pakan kambing adalah hal utama yang lebih penting dibandingkan dengan yang lainnya karena sangat menentukan kualitas panen kambing nantinya. Berilah pakan pada kambing 2x sehari, yakni pagi pukul 08.00 dan sore pukul 15.00. Berilah pakan tumbuhan hijau sebagai makanan pokok, sementara konsentrat hanya sebagai tambahan. Beri juga vitamin untuk menambah daya tahan tubuh dan mengurangi bau kotorannya.

Pemberian Suplemen Pada Kambing

Selain kita memberikan pakan kambing yang berkualitas, pemberian suplemen pada kambing juga bisa diberikan kepada kambing untuk menunjang produktifitas maupun pencegahan terhadap penyakit pada kambing. Pemberian suplemen pada kambing juga harus aman agar tidak memiliki efek samping jangka panjang.

Fungsi dari suplemen ini adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh hewan agar tidak mudah terserang penyakit akibat bakteri, virus, atau jamur yang merugikan. Dengan begitu, maka kematian ternak juga dapat diminimalisir. Selain itu, suplemen juga berfungsi sebagai perangsang dalam mempercepat pertumbuhan ternak, sehingga usaha penggemukan ternak bisa lebih menguntungkan. Suplemen yang memenuhi kriteria tersebut adalah Suplemen Organik Cair GDM.

Baca Juga : Harga Ayam Petelur

Suplemen Organik Cair GDM mengandung:

    • Benefical Mocroorganism (bakteri menguntungkan), sehingga mencegah penyakit akibat bakteri, jamur, atau virus masuk kedalam tubuh ternak.
    • Bakteri yang terkandung dalam SOC GDM berfungsi sebagai pendukung untuk memfermentasi pakan.
    • Mengandung unsur nabati dan hewani yang sangat dibutuhkan oleh ternak
    • Dapat menciptakan antibodi/kekebalan tubuh, sehingga ternak tidak mudah terserang penyakit
    • Memperbaiki metabolisme, sehingga pertumbuhan ternak menjadi optimal dan besar.
    • Kotoran ternak menjadi tidak bau, karena proses pencernaan ternak dibantu oleh Benefical Mocroorganism.
    • Ramah lingkungan, karena 100% organik.
    • Aman digunakan dalam jumlah besar dan dalam jangka panjang.
    • Meningkatkan kemampuan ternak dalam mencerna pakan
    • Meningkatkan nafsu makan ternak dan menjaga keseimbangan mikroflora dalam pencernaan ternak.

Panen Kambing Berkualitas

Hal yang ditunggu-tunggu oleh peternak biasanya ialah pada masa panen, karena panen sendiri akan menentukan hasil anda selama beternak kambing. Hal yang diharapkan dalam masa panen ialah peternak bisa untung. Usia kambing yang siap panen adalah ketika kambing sudah menginjak usia dewasa, yakni sekitar 8-12 bulan. Panen kambing bisa dilakukan per tahun. Usahakan masa panen kambing per tahun bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha agar keuntungan yang didapatkan lebih banyak.

Itulah beberapa langkah atau cara beternak kambing yang menguntungkan bagi pemula yang bisa anda pelajari. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penggunaan kata maupun penyampaian informasi. Terus kunjungi website kami hobinyong.com agar anda tidak ketinggalan info terupdate. Termiakasih kami sampaikan.- buat

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *