Pemberian Makanan Burung Puyuh Ternak Berkualitas

Makanan Burung PuyuhKembali lagi di website kita tercinta hobnyong.com, website yang membahas berbagai macam hobi tidak terkecuali hobi beternak. Beternak sendiri bisa dilakukan oleh siapapun asalkan memiliki niat yang kuat. Beternak burung puyuh juga merupakan pilihan yang tepat karena burung puyuh mempunyai prospek yang lumayan bagus.

Burung puyuh sendiri di pelihara bukan untuk burung kicau melainkan burung yang bisa dimanfaatkan daging atau telurnya. Burung puyuh memiliki bentuk lumayan kecil dan sedikit bulat ini mempunyai komoditas pasar yang begitu diminati akan daging maupun telurnya. Oleh karena itu sekarang mulai banyak orang yang mencoba untuk beternak burung puyuh.

Makanan Burung Puyuh
Gambar Burung Puyuh

Baca Juga : Makanan Burung Hantu

Bagi anda yang baru memulai beternak burung puyuh kami sarankan untuk memperdalam ilmu mengenai perawatan burung puyuh. Hal tersebut bisa menjadi dasar yang kuat bagi anda yang baru memulai ternak burung puyuh terlebih lagi soal makanan burung puyuh. Pengetahuan yang dimiliki bisa menjadi pondasi untuk memberikan makanan burung puyuh yang pas dan sesuai kebutuhan burung puyuh itu sendiri.

Makanan Burung Puyuh Ternak Berkualitas

Burung puyuh ternak sendiri biasanya diberikan makan berupa gabungan dari ransum. Ransum sudah biasa menjadi makanan hewan ternak yang terdiri dari bahan jagung, padi, dedak, bekatul, dan lain sebagainya. Ransum dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan gizi burung puyuh sehingga burung puyuh mendapatkan pertumbuhan yang maksimal.

Bahan baku yang dibuat ransum sendiri bermacam-macam. Bahan yang satu dengan lainya dicampur yang akan saling melengkapi atau mendukung untuk pemenuhan gizi burung puyuh ternak. Dalam mengkombinasikan makanan burung puyuh diusahakan seimbang antar bahan baku. Kelebihan maupun kekurangan bahan baku makanan burung puyuh bisa mengakibatkan terjadinya feed suplementary effect.

Makanan Burung Puyuh
Gambar Burung Puyuh

Semakin berkembangnya zaman, para peternak burung puyuh kini tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan makanan burung puyuh ternak, hal itu dikarenakan makanan burung puyuh ternak sudah banyak dijual dipasaran dan makanan burung puyuh sudah terstandarisasi dan bermutu tinggi. Kandungan dari kandungan bahan yang terdapat pada makanan burung puyuh disesuaikan dengan umur burung puyuh itu sendiri.

Kandungan nutrisi pada makanan burung puyuh ransum diperoleh dari kombinasi karbohidrat yang berasal dari biji-bijian, serta protein dan lemak dari jeroan, tulang ikan, ataupun daging bekicot tadi. Pemberian makanan burung puyuh diusahakan seimbang dengan banyaknya burung puyuh agar burung puyuh tidak berebut pada saat diberi makanan burung puyuh.

 Nutrisi Burung Puyuh

Nutrisi sendiri memiliki peran yang penting bagi pertumbuhan burung puyuh ternak. Nutrisi yang memiliki peran paling banyak dalam pertumbuhan burung puyuh adalah protein. Kandungan protein pada makanan burung puyuh bisa berbeda beda tergantung dari usia burung puyuh itu sendiri. Ketika masih anakan, kadar protein yang di berikan juga harus lebih tinggi. Kebutuhan protein saat masa tersebut digunakan dalam memacu pertumbuhan puyuh.

Makanan Burung Puyuh
Gambar Burung Puyuh

Apabila burung puyuh ternak memasuki usia dewasa sebaiknya kandungan protein dalam makanan burung puyuh dikurangi. Penurunan protein ini bermanfaat di dalam mencegah produktivitas telur ketika puyuh masih usia anakan.Apabila dibiarkan bertelur ketika usia muda, yang tidak diinginkan nanti puyuh akan terkena penyakit prolapus. Prolapus atau dobol ini terjadi sebab frame atau penampakan tubuh puyuh kecil.

Kebutuhan nutrisi burung puyuh antara lain adalah hidrat arang atau karbon hidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serta air. Apabila pemberian makanan burung puyuh yang kekurangan nutrisi akan membuat burung puyuh mengalami berbagai permasalahan seperti penyakit mal nutrisi.

Pemberian Makanan Burung Puyuh Yang Tepat

Pemberian makanan burung puyuh sendiri tidak bisa dianggap sebelah mata. Pemberian makanan burung puyuh harus dilakukan secara tepat supaya tidak terjadi kerugian dalam pemberian makanan burung puyuh. Pada saat burung puyuh masih berusia anakan usahakan berikan makanan yang mempunyai kandungan protein dari daging hewan dan jeroan bisa lebih tinggi untuk memaksimalkan pertumbuhannya.

Setelah burung puyuh ternak memasuki usia dewasa atau kurang lebih satu bulan, pemberian makanan yang mengandung protein tinggi bisa dikurangi, hal itu dikarenakan agar burung puyuh tidak mengalami produktifitas telur sebelum burung puyuh berusia yang tepat. Produktifitas telur burung puyuh yang tidak sesuai akan mengakibatkan burung puyuh mengalami gangguan kesehatan berupa prolapus atau yang kerap disebut dobolen.

Pemberian Makanan Burung Puyuh Ternak Berkualitas 1
Menu Makan Burung Puyuh

Pada saat burung puyuh berusia anakan maka anda perlu memberikan makanan burung puyuh yang memiliki kandungan nutrisi sebanyak 24%. Pemberian makanan burung puyuh yang kaya akan protein ini bisa berlangsung selama dua puluh hari. Untuk burung puyuh berusia lebih dari dua puluh hari dan kurang dari satu bulan pemberian makanan sedikit demi sedikit dikurangi kandungan proteinya.

Ketika burung puyuh telah selesai menempuh usia anakan, maka tiba waktunya bagi burung puyuh masuk kedalam usia produktifitas telur yang biasa disebut usia dara. Pada usia tersebut pembentukan sel telur sudah muali aktif dan usakan pemberian makanan dengan komposisi protein sebanyak 20%. Kadar tersebutlah yang pas dan tepat agar burung memiliki tingkat produktifitas telur yang bagus.

Itulah artikel tentang makanan burung puyuh ternak berkualitas yang bisa kami sampaikan. Mohon maaf jika banyak kesalahan dalam penggunaan kata maupun penyampaian informasi. Terimakasih telah mengunjungi website kami hobinyong.com.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *