Harga Bebek

Harga Bebek – Selamat datang kembali di website kita tercinta hobinyong.com, website yang membahas berbagai jenis unggas beserta harga terbarunya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang jenis unggas bebek. Bebek merupakan jenis burung unggas akuatik yang mampu berenang. Bebek mampu berenang dikarenakan bebek mempunyai selaput pada kakinya yang berfungsi untuk bergerak di air. Bebek berkerabat dekat dengan angsa, bedanya ukuran tubuh bebek lebih kecil dibandingkan angsa.

Daging bebek juga mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh sehari – hari antara lain adalah untuk mencegah penyakit anemia, membantu meningkatkan sistem imun, serta sebagai sumber protein yang baik bagi kesehatan. Bebek sendiri memiliki paruh berbentuk sudu yang memudahkan memcari makan di area berlumpur, berleher panjang, bulu berlapis lilin, dan bebek juga jarang mengerami telurnya.

Harga Bebek
Gambar Bebek

sampai saat ini mulai banyak peternak yang meilirik usaha bebek, antara lain bebek pedaging. Karena bebek pedaging saat ini banyak permintaan untuk di manfaatkan dagingnya sebagai oalahan makanan berbahan daging bebek di berbagai warung makan, bahkan restaurant. Olahan daging bebek biasanya menjadi favorit di restauran, karena daging bebek mempunyai rasa yang enak dan memiliki daging yang empuk. Di bawah ini kami akan menyampaikan berbagai jenis bebek beserta harga terbaru yang bisa anda ketahui.

Harga Bebek Terbaru

Harga Bebek
Gambar Bebek

Harga Bebek Petelur

Sampai saat ini sudah banyak orang yang mulai bisnis bebek petelur, karena usaha bebek petelur bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama maupun sampingan dan juga memiliki omset yang tidak bisa dipandang remeh. Kebanyakan bebek mempunyai sifat tidak mengerami telurnya, oleh sebab itu bebek petelur sangat bagus jika di manfaatkan yang di ambil telurnya. Telur bebek juga bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan misalnya menjadi telur asin dan lain sebagainya.

Bebek petelur biasa dijual dengan harga berbeda-beda, banyak yang menjual  bebek petelur usia 3 bulan biasanya berkisar Rp 35.000 per ekor, bebek petelur usia 3.5 bulan Rp 41.000, bebek petelur usia 4 bulan Rp 47.000, bebek usia 4.5 bulan berkisar Rp 52.000 per ekor, bebek petelur usia 5 bulan berkisar Rp 57.000 per ekor. Pada usia 5 bulan biasanya bebek petelur sudah mulai memasuki mas produksi dan menghasilkan telur.

Harga Bebek Peking
Bebek Peking

Bebek Peking

Selanjutnya yang akan kami bahan adalah harga bebek peking, bebek peking sendiri bukan berasal dari Indonesia tetapi bebek peking sangat cocok di pelihara pada ekosistem di Indonesia. Bebek peking juga mempunyai cici- ciri yang berbeda dengan bebek biasa pada umumnya. Bebek peking memiliki bulu berwarna putih mirip dengan angsa, namun berbeda. Bebek peking biasa dimanfaatkan telurnya, karena harga telur bebek peking lebih tinggi dibandingkan harga telur bebek biasa pada umumnya.

Rasa daging bebek peking juga lebih enak dibandingkan bebek biasa pada umumnya. Biasanya para penjual bebek peking menjual bebeknya pada umur dewasa yang sudah tidak produktif atau menghasilkan telur, hal ini mungkin bisa menyebabkan tekstur dari bebek peking sedikit lebih alot. Bebek peking biasa dijual dengan harga yang berbeda-beda di berbagai wilayah. Harga jual  bebek peking di jakarta berkisar Rp 25.000 per kilo.

Harga Bebek 1
Gambar Bebek Pedaging

Bebek Pedaging

Selain bebek petelur dan bebek peking, kami juga membahas tentang bebek pedaging. Bebek selain bisa dimanfaatkan untuk diambil telurnya, bebek juga bisa dimanfaatkan dagingnya. Bebek pedaging biasanya banyak dicari oleh orang yang mempunyai bisnis makanan dalam hal olahan bebek. Sampai saati ini sudah mulai banyak para peternak yang mencoba bisnis bebek pedaging. Para pencari bebek pedaging di pasaran cenderung stabil karena banyak permintaan bebek pedaging untuk rumah makan bahkan restaurant.

Bebek pedaging biasanya dijual dengan harga berbeda-beda. Bebek pedaging dengan berat 1.5 kg biasa dijual dikisaran Rp 25.000, bebek pedaging dengan berat 2 kg dibanderol dengan sampai Rp 33.000, sedangkan bebek pedaging dengan berat 3 kg berkisar Rp 42.000. Harga tersebut bisa berubah sewaktu – waktu tergantung kondisi pasar dan permintaan akan bebek pedaging.

Harga Bebek 2
Telur Bebek

Harga Telur Bebek

Bebek selain dimanfaatkan untuk diambil dagingnya, bebek juga dapat dimanfaatkan untuk diambil telurnya. Telur bebek berbeda dengan telur ayam dari segi warna dan kuning telur, telur bebek mempunyai cangkang yang berwarna biru muda dan mempunyai kuning telur berwawrna lebih merah dibandingkan telur ayam. Telur bebek biasanya dijual untuk konsumsi maupun ditetaskan. Telur bebek untuk konsumsi paling banyak di gunakan sebagai bahan utama dari telur asin.

Harga telur bebek cenderung bervariasi tergantung permintaan dan kualitas telur bebek. Untuk harga satu butir telur bebek di tingkat peternak biasanya dibanderol dengan harga Rp 1.500 – 1.700, sedangkan di tingkat konsumen berkisar Rp 2.000 – 2.500 per butir. Tidak jarang orang menjual telur bebek per 1 kilogram, untuk harga telur bebek per 1 kilogram biasanya dibanderol dengan harga berkisar Rp 70.000 sampai Rp 90.000.

Baca Juga :Harga Ayam Joper

Daftar Harga Bebek Terbaru

BebekUsiaKisaran Harga
Bebek Petelur3 BulanRp 35.000
Bebek Petelur3.5 BulanRp 41.000
Bebek Petelur4 BulanRp 47.000
Bebek Petelur4.5 BulanRp 52.000
Bebek Petelur5 BulanRp 57.000
Bebek PekingDewasaRp 25.000
Bebek Pedaging 1.5 KgDewasaRp 25.000
Bebek Pedaging 2 kgDewasaRp 33.000
Bebek Pedaging 3 kgDewasaRp 42.000
Telur BebekRp 1.700
Telur BebekRp 2.500
Telur Bebek per KgRp 70.000

Cara Ternak Bebek atau Itik Bagi Pemula

Sebelum anda memulai bisnis ternak bebek maka anda perlu tahu cara bagaimana sih beternak bebek yang baik bagi pemula.

1. Menentukan Jenis Bebek Yang Akan Diternak

sebelum anda memulai beternak bebek. Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis bebek yang biasa diternak oleh para peternak bebek. Karena penentuan jenis bebek sangat berpengaruh terhadap teknis dalam beternak bebek agar dalam beternak bebek tidak salah tujuan. Berikut merupakan jenis bebek yang biasa di ternak oleh para peternak bebek.

    • Bebek petelur : seperti Indian Runner, Khaki Campbell, Buff (Buff Orpington) dan CV 2000-INA;
    • Bebek pedaging : seperti Peking, Rouen, Aylesbury, Muscovy, Cayuga;
    • Bebek ornamental : (itik kesayangan/hobby) seperti East India, Call (Grey Call), Mandariun, Blue Swedish, Crested, Wood.
    • Itik Tegal (Tegal) – Ciri-ciri : warna bulu putih polos sampai cokelat hitam, warna paruh dan kaki kuning atau hitam.
    • Itik Mojosari (Mojosari Jawa Timur) – Ciri-ciri : warna bulu cokelat muda sampai cokelat tua, warna paruh hitam dan kaki berwarna hitam.
    • Itik Alabio (Amuntai Kalimantan Selatan) – Ciri-ciri : badan lebih besar dibandingkan dengan itik Tegal.
    • Itik Asahan dikembangkan di Tanjung Balai, Sumatera Utara.
    • Itik Persilangan

Para peternak bebek biasa beternak dengan jenis bebek diatas. Karena jenis bebek diatas merupakan bebek yang banyak ada di Indonesia.

Ternak Bebek
Tempat Bebek Yang Strategis

2. Menentukan Tempat Beternak Bebek Yang Strategis

Setelah kita menentukan jenis bebek apa yang akan anda pilih untuk di budidayakan. Langkah selanjutnya ialah menentukan tempat beternak bebek yang strategis. Tempat beternak bebek biasanya di pilih di dekat persawahan atau tempat yang jauh dari keramaian. Hal ini dikarenakan bebek yang ada dikeramaian kota akan membuat bebek menjadi stress dan itu akan berpengaruh terhadap hasil telur bebek.

Ternak Bebek
Kandang Bebek Petelur

3. Menentukan Kandang Bebek

Setelah kita menentukan dimana tempat beternak bebek yang strategis, selanjutnya ialah menentukan kandang bebek yang tepat untuk anda beternak bebek. Pemilihan kandang bebek ditujukan untuk penyesuaian dengan fungsi utama anda beternak bebek. Kandang bebek sendiri memiliki kriteria agar bisa digunakan secara optimal diantaranya berikut :

    • Penyiapan Sarana dan Peralatan
    • Persyaratan temperatur kandang ± 39 ° C.
    • Kelembaban kandang berkisar antara 60-65%
    • Penerangan kandang diberikan untuk memudahkan pengaturan kandang agar tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian kandang.

Kondisi kandang harus memiliki kriteria yang sudah disebutkan diatas, hal itu ditujukan supaya bebek dapat berkembang secara optimal karena bebek sendiri gampang stress jika tidak nyaman dengan tempat tinggalnya. Jika bebek stress maka produktifitas telur bisa menurun yang bias menyebabkan penghasilan anda sebagai peternak bebek berkurang.

Harga Bebek 3
Bibit Bebek Atau DOD

4. Pemilihan Bibit Bebek

Jika anda sudah bisa menentukan kandang bebek hal selanjutnya yang harus dilakukan ialah pemilihan bibit bebek yang berkualitas. Pemilihan bibit bebek yang berkualitas juga tidak bisa dipandang sebelah mata, hal ini dikarenakan dalam pemilihan bibit bebek berkualitas bisa berpengaruh terhadap keberhasilan panen bebek. Bibit bebek yang berkualitas akan menentukan hasil yang berkualitas juga.

Hewan ternak yang baik biasanya berasal dari bibit yang baik pula, maka pilihlah bibit yang baik dan unggul serta bekualitas baik. Pemilihan bibit yang berkualitas baik bisa didapat dengan merogoh kocek lebih mahal. Dalam pemilihan bibit bebek ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh anda sebagai peternak pemula, diantaranya sebagai berikut :

  • Membeli telur tetas dari induk itik yang dijamin keunggulannya
  • Memelihara induk itik yaitu pejantan + betina unggul untuk mendapatkan telur tetas kemudian meletakannya pada mentok, ayam atau mesin tetas
  • Membeli DOD (Day Old Duck) dari pembibitan yang sudah dikenal mutunya maupun yang telah mendapat rekomendasi dari Dinas Peternakan setempat.

5. Perawatan Bibit Bebek yang Baik

Setelah pemilihan bibit bebek yang berkualitas selanjutnya ialah tahap perawatan bibit bebek supaya menjadi bebek yang baik dalam berproduksi telur – telurnya. bebek yang sudah memasuki tahap perawatan harus dimasukan kandang khusus induk. Anda harus memastikan dalam kandang bebek selalu terjaga suhunya secara merata menyeluruh didalam kandang.

Perawatan Bibit Bebek

Untuk perawatan bibit bebek sebaiknya di tempatkan pada kandang khusus indukan yang sudah dipersiapkan pada tahap sebelumnya. Hal yang harus diperhatikan dalam kandang indukan ialah terjaganya suhu didalam kandang indukan. apasitas kandang brooder (box) untuk 1 m² mampu menampung 50 ekor DOD, tempat pakan dan tempat minum sesuai dengan ketentuan yaitu jenis pakan itik fase stater.

Perawatan calon Indukan Bebek

Dalam masa produktivitas bebek biasanya menghasilkan telur yang akan dipanen. Telur bebek biasanya akan dibagi menjadi dua fungsi yang pertama ialah telur bebek akan langsung dijual dan yang kedua ialah telur bebek akan ditetaskan untuk menghasilkan bibit bebek berkualitas yang baru. Perawatan dari kedua jenis sama saja, perbedaannya hanya pada induk untuk produksi telur tetas harus ada pejantan dengan perbandingan 1 jantan untuk 5 – 6 ekor betina.

Harga Bebek 4
Pemberian Pakan Bebek

6. Pemberian Pakan Bebek Yang Baik

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting ialah pemberian pakan bebek yang berkualitas. Pemberian pakan bebek tidak bisa dipandang sebelah mata hal itu dikarenakan pemberian pakan bebek akan ;angsung berdampak pada produktifitas bebek itu sendiri. Pemberian pakan bebek yang tidak berkualitas akan memberikan hasil produksi yang tidak baik pula.

Untuk pemberian pakan bebek sendiri disesuaikan dengan usia bebek itu sendiri. Pada fase bertelur itik membu tuhkan pakan dengan kandungan protein 17% – 20% dan energi sebesar 2.700kkal – 2.88kkal. Bahan pokok pakan sumber karbohidrat antara lain dedak, jagung,karak atau aking (nasi yang dikeringkan) serta menir.

Sedangan sumber protein hewani (segar): ikan rucah, kerang, remis, kulit udang, diberikan oleh peter nak di dekat pantai. Bekicot dan keong sawah diberikan oleh peternak di areal pertanian dan rawa. Untuk mengantisipasi kurangnya ikan segar bisa dikeringkan dan dibuat tepung. Berikut pemberian pakan bebek berdasarkan usia bebek tersebut :

    • Umur 0-16 hari diberikan pada tempat pakan datar (tray feeder)
    • Umur 16-21 hari diberikan dengan tray feeder dan sebaran dilantai
    • Umur 21 hari samapai 18 minggu disebar dilantai.
    • Umur 18 minggu–72 minggu, ada dua cara yaitu : 7 hari pertama secara pakan peralihan dengan memperhatikan permulaan produksi bertelur sampai produksi mencapai 5%. Setelah itu pemberian pakan itik secara ad libitum (terus menerus).

7. Pencegahan Bebek Terhadap Penyakit

Sebelum bebek terkena penyakit anda sendiri harus mengantisipasi terhadap pencegahan bebek terhadap penyakit. Bebek yang terkena penyakit biasanya memiliki tingkah laku yang berbeda dengan bebek lainya. hal itu bisa dicegah dengan cara pemberian vaksin terlebih dahulu supaya bebek terhindar dari berbagai penyakit yang bisa merugikan anda sendiri maupun orang lain.

8. Perkawinan Indukan bebek

Jika ingin menghasilkan bebek yang banyak tentunya anda sendiri harus bisa atau mengetahui cara mengawinkan indukan bebek agar bisa berproduksi telur. Setelah bebek memasuki usia 20 minggu, biasanya bebek akan siap untuk dikawinkan. Sistem perkawinan dikenal ada dua macam yaitu bebek hand mating/ perkawinan bebek dengan bantuan tangan manusia dan nature mating (perkawinan bebek secara alami).

Harga Bebek 5
Panen Telur Bebek

9. Panen Bebek

Hal yang ditunggu-tunggu oleh sebagian peternak tentunya ialah masa panen. Panen menjadi bagian dari cara budidaya bagi bebek petelur. Panen bebek petelur ini bisa dilakukan setiap pukul 6 pagi. Hal ini dilakukan karena bebek petelur biasanya akan bertelur saat dini hari. Disaat memanen telur bebek baiknya bebek dikeluarkan terlebih dahulu dari kandangnya, kemudian diambil telurnya.

10. Pasca Panen Bebek

Tentunya jika anda sudah panen telur – telur bebek hal seharusnya yang anda lakukan ialah merawat telur bebek supaya tidak rusak. Karena telur yang tidak mengguanakn alat khusus biasanya akan bertahan selama kurang lebih dua minggu. Untuk mencegah hal yang buruk sebaiknya telur bebek diawetkan yaitu dengan cara :

    1. Cara pertama dengan mengguanakan air hangat. Pengawetan dengan air hangat merupakan pengawetan telur itik yang paling sederhana. Dengan cara ini telur dapat bertahan selama 20 hari.
    2. Selain dengan air hangat juga bisa dengan menggunakan daun jambu biji. Perendaman telur dengan daun jambu biji dapat mempertahankan mutu telur selama kurang lebih 1 bulan. Telur yang telah direndam akan berubah warna menjadi kecoklatan seperti telur pindang.
    3. Minyak kelapa kelapa juga bisa kita gunakan untuk mengawetkan telur. Pengawetan ini merupakan pengawetan yang praktis. Dengan cara ini warna kulit telur dan rasanya tidak berubah.
    4. Pengawetan telur bebek selanjutnya adalah dengan menggunakan natrium silikat. Bahan pengawetan natrium silikat merupkan cairan kental, tidak berwarna, jernih, dan tidak berbau. Natirum silikat dapat menutupi pori kulit telur sehingga telur awet dan tahan lama hingga 1,5 bulan. Adapun caranya adalah dengan merendam telur dalam larutan natrium silikat10% selama satu bulan.
    5. Cara mengawetkan yang juga bisa anda lakukan adalah dengan bentuan garam dapur. Garam direndam dalam larutan garam dapur (NaCl) dengan konsentrasi 25-40% selama 3 minggu.

Itulah beberapa artikel tentang bebek terbaru yang bisa kami sampaikan, harga tersebut merupakan harga sementara yang bisa berubah sewaktu-waktu. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penggunaan kata. Terimakasih telah mengunjungi website kami hobinyong.comTerus kunjungi website kami  untuk mengetahui seputar unggas. Semoga artikel kami bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi referensi untuk anda agar nantinya anda bisa menjalankan berbagai bisnis atau usaha dengan lancar.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *