Cara Merawat Burung Kacer Biar Gacor dan Sehat

Cara Merawat Burung Kacer – Burung kacer sendiri merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak dicari karena memiliki kualitas baik penampilan maupun suara burung kacer itu sendiri.

Pada dasarnya merawat burung kacer sendiri tidak jauh berbeda dengan perawatan burung kicau jenis lainya. Hal yang membedakan biasanya berupa takaran makanan dan beberapa threatment lainya.

Untuk itu memelihara burung kacer sendiri bukan hal yang susah karena cara merawat burung kacer yang tidak terlalu susah.

Suara burung kacer ini terbilang merdu dan bervariasi apalagi jika anda secara teratur merawat burung kacer. Perawatan burung kacer ini diperlukan untuk menjaga maupun meningkatkan kualitas baik dari penampilan maupun suara burung kacer itu sendiri.

Cara Merawat Burung Kacer
Cara Merawat Burung Kacer

Selain itu perawatan burung kacer juga bisa diimbangi dengan beberapa threatment antara lain seperti pengondisian lingkungan, pelatihan, dan juga pemberian makanan burung kacer itu sendiri.

Hal tersebut dilakukan agar burung kacer terhindar dari stress dan juga menjaga kesehatan burung kacer itu sendiri. Burung kacer yang sehat biasanya ditandai dengan keaktifanya saat berkicau dan juga tingkah lakunya yang aktif.

Oleh sebab itu melakukan perawatan burung kacer biar gacor dengan teratur sangatlah penting agar hasil yang lebih maksimal dan bukan tidak mungkin bisa diikutsertakan dalam lomba burung kicau.

Cara Merawat Burung Kacer Biar Gacor dan Sehat

Burung kacer yang menang dalam kontes tentu akan meningkatkan harga burung kacer itu sendiri. Melatih burung kacer ini tidak bisa selesai dalam waktu yang singkat, oleh sebab itu kesabaran merupakan faktor yang penting dalam merawat burung kacer.

Untuk itu banyak juga orang yang bertanya bagaimana cara merawat burung kacer biar cepat gacor dan juga sehat. Mungkin sedikit tips dibawah ini bisa membantu anda dalam permasalah yang dialami dalam memelihara burung kacer.

Burung Kacer Jantan
Burung Kacer Jantan

Mengecek Jenis Kelamin Burung Kacer

Sebelum anda membeli burung kacer tentunya harus menecek terlebih dahulu jenis kelamin apa yang akan dipilih. Jika anda menginginkan burung kacer dengan suara yang gacor dan bervariasi tentu burung kacer jantan adalah pilihan yang tepat.

Burung kacer jantan ini memiliki kualitas suara yang lebih baik jika dibandingkan dengan suara burung kacer betina. Selain itu melatih burung kacer jantan ini lebih mudah karena sudah memiliki karakter suara yang merdu dan bervariasi.

Untuk itu anda diwajibkan tahu apa saja ciri ciri burung kacer jantan agar tidak salah membelinya. Burung kacer jantan ini memiliki bentuk kepala yang cenderung rata seperti persegi.

Paruh burung kacer jantan  ini terlihat lebih pendek daripada paruh burung kacer betina, namun untuk warna paruh kedua jenis tersebut cenderung sama yaitu berwarna hitam.

Terdapat 1-2 balckspot atau bercak warna hitam pada bagian lidah burung kacer jantan. Selain itu bulu pada burung kacer jantan biasanya lebih menarik karena ketajaman warna atau pekat.

Bentuk tubuh burung kacer jantan ini terlihat lebih ramping dan juga lebar daripada burung kacer betina. Selain itu suara burung kacer jantan terbukti lebih bervariasi dan nyaring. Cara merawat burung kacer akan semakin gampang jika mengetahui jenis kelamin burung tersebut terlebih dahulu.

Kandang Burung Kacer
Kandang Burung Kacer

Perhatikan Kebersihan Kandang Burung Kacer

Faktor yang tidak kalah penting dalam merawat burung kacer adalah kebersihan kandang itu sendiri. Kebersihan kandang burung kacer ini tentu akan mempengaruhi baik dari segi kesehatan maupun kenyamanan burung tersebut.

Kandang burung kacer yang bersih ini akan mengurangi resiko terkena penyakit karena kotoran yang menumpuk pada kandang burung kacer itu sendiri. Sehingga stamina dan juga kesehatan burung kacer ini tetap terkontrol dengan baik.

Kenyamanan burung kacer ini biasany ditndai dengan keaktifan gerakan dari burung kacer itu sendiri. Selain itu burung kacer ini akan lebih aktif berkicau karena kandang yang nyaman.

Oleh sebab itu membersihkan kandang burung kacer secara rutin sangat diperlukan agar burung tidak mudah stress. Anda bisa membersihkan kandang burung kacer pada pagi haris sebelum proses penjemuran burung kacer. Salah satu cara merawat burung kacer adalah dengan memperhatikan kebersihan kandang.

Penjemuran Burung Kacer
Penjemuran Burung Kacer

Memandikan Burung Kacer dan Menjemurnya

Selain kebersihan faktor kebersihan kandang, memandikan burung kacer dan menjemurnya juga salah satu cara merawat burung kacer biar cepat gacor dan sehat.

Memandikan burung kacer ini ditujukan agar kebersihan dari tubuh maupun bulu burung tersebut tetap terjaga dan terhindar dari bakteri yang bisa membuat burung kacer sakit.

Selain itu memandikan burung kacer juga bisa membuat karakteristik menjadi lebih tenang yang sebelumnya memiliki sifat yang agresif. Hal ini perlu dilakukan ketika anda baru saja membeli burung kacer yang agresif dan sulit dijinakan.

Sebelum memandikan burung kacer ini usahakan angin anginkan terlebih burung kacer sekitar 20 menit. Setelah itu mandikan burung kacer dengan cara disemprot dan usahakan ditempatkan pada posisi yang terkena cahaya matahari pagi.

Waktu yang baik untuk memandikan burung kacer ini biasanya pada pagi hari sekitar jam 8-10 karena kuaitas sinar pada jam tersebut sangat baik bagi kesehatan burung kacer. Anda bisa memandikan burung kacer setiap harinya jika kondisi memungkinkan.

Cara Merawat Burung Kacer
Cara Merawat Burung Kacer

Pemilihan Tempat Burung Kacer 

Perlu anda ketahui burung kacer sendiri merupakan burung yang tidak terlalu suka akan keramaian. Oleh karena itu pemilihan tempat yang kondusif ini perlu anda jadikan pertimbangan. Burung kacer ini mudah stress jika ditempatkan ditempat yang berisik dan juga ramai karena merasa tidak nyaman.

Akan tetapi anda juga harus melatih mental dari burung kacer tersebut agar tidak kalah mental pada saat diikutsertakan dalam lomba.

Hal itu juga bisa dilakukan dengan catatan jangan terlalu cepat menempatkan burung pada keramaian. Usahakan sedikit demi sedikit untuk meminimalisir burung kacer agar tidak stress.

Anda harus sering memantau perkembangan dari mental burung kacer tesebut apakah tetap tenang atau gelisah. Jika dirasa sudah bisa tenang maka tingkatkan lagi level keramainanya secara berkala. Cara merawat burung kacer tersebut bisa anda lakukan jika burung kacer yang rawan stress.

Makanan Burung Kacer
Makanan Burung Kacer

Pemberian Makanan Burung Kacer Biar Sehat

Setelah anda melakukan beberapa cara merawat burung kacer diatas hal yang tidak kalah penting adalah pemberian makanan burung kacer yang berkualitas. Pemberian makanan ini tentu akan mempengaruhi tubuh kembang baik  tubuh maupun kualitas suara burung kacer itu sendiri.

Jenis makanan burung kacer sendiri ada yang alami dan berupa makanan buatan. Pada umumnya pemberian makanan burung kacer ini tidak hanya terpatok dengan satu jenis saja tetapi bisa juga mengkombinasikan beberapa makanan burung kacer itu sendiri.

Hal tersebut bertujuan agar burung kacer tersebut mendapatkan asupan gizi yang baik dan membuat sehat burung kacer itu sendiri. Selain itu beberapa makanan juga terbukti bisa meningkatkan kualitas suara burung kacer bias semakin gacor.

Makanan burung kacer yang alami ini biasanya berupa jangkrik, kroto, ulat, caing tanah, dan beberapa serangga kecil lainya. Selain itu makanan buatan burung kacer ini bisa anda dapatkan di pasar burung terdekat berupa voer khusus burung kicau.

Makanan jangkrik untuk burung kacer ini bisa anda berikan sekitar 2-3 pada pagi dan sore hari dan 1 sendok teh ulat untuk satu hari saja. Kemudian anda bisa menambahkan voer untuk pemenuhan kebutuhan gizi berdasarkan kebutuhan dan biasanya disesuaikan berdasarkan usia burung kancer itu sendiri.

Masteran Burung Kacer
Masteran Burung Kacer

Pemberian Masteran Burung Kacer

Hal diatas sendiri merupakan cara yang sangat berkaitan dengan masalah kesehatan burung kacer itu sendiri. Kali ini kita akan fokus pada cara meningkatkan suara burung kacer tersebut.

Salah satu cara untuk meningkatkan suara burung kacer adalah dengan cara melatihnya secara rutin menggunakan masteran burung kacer. Sebaiknya menggunakan jenis burung kicau lainya untuk proses pemberian masteran burung kacer tersebut.

Pilihlah masteran burung kacer yang memiliki kualitas suara bagus dan usahakan bervariasi. Hal itu ditujukan agar burung kacer dapat berlatih menirukan suara masteran burung kacer.

Perlu anda ketahui juuga waktu yang baik untuk pemberian masteran burung kacer ini biasanya pada pagi dan sore hari karena suhu udara yang pas tidak terlalu panas dan dingin.

Biasanya pemberian masteran burung kacer ini dilakukan setalah proses memandikan burung kacer. Hal tersebut merupakan cara merawat burung kacer dalah hal meningkatkan suara burung kacer itu sendiri.

Untuk meningkatkan kualitas suara burung kacer tentu tidak bisa secara instan. Lakukan pemberian masteran burung kacer secara rutin dan berkala. Amati perkembangan suara burung kacer apakah ada perubahan atau tidak.

Cara Merawat Burung Kacer
Cara Merawat Burung Kacer

Menjinakan Burung Kacer

Burung kacer ini merupakan burung yang mudah stress dan biasanya memiliki pergerakan yang agresif dan kurang jinak. Untuk itu menjinakan burung kacer ini diperlukan agar semakin mudah untuk melatihnya.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjinakan burung kacer antara lain dengan memberikan suapan makanan secara rutin dan juga mengelus elus burung kacer.

Selain itu jika anda sering bersiul disebelah burung kacer bukan tidak mungkin burung kacer akan semakin jinak. Jika burung kacer jinak tentu akan semakin mudah bagaimana cara merawat burung kacer selanjtnya.

Mengkrodongi kandang burung kacer juga merupakan salah satu cara menjinakan burung kacer karena burung tersebut akan semakin tenang.

Oiya, hal yang tidak kalah penting dari memandikan juga bisa menjikanan burung kacer. Lakukan beberapa hal tersebut secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Lovebird

Cara Memilih Burung Kacer Berkualitas

Memilih burung kacer yang berkualitas ini wajib anda lakukan jika akan diikutsertakan dalam kontes. Burung kacer ini biasanya memiliki kualitas suara yang sebelumnya sudah dilatih terlebih dahulu.

Dalam kontes burung kicau biasanya burung kacer yang banyak diikutsertakan adalah yang berjenis kelamin jantan karena keunggulanya baik suara maupun penampilan saat berkicau.

Untuk itu dibawah ini kami akan memberikan sedikit tips bagaimana cara memilih burung kacer berkualitas. Semakin berkualitas burung kacer maka akan semakin mudah cara merawat burung kacer itu sendiri.

Burung Kacer Jantan
Burung Kacer Jantan

Warna Bulu Burung Kacer

Hal pertama yang bisa anda jadikan patokan adalah dengan memilih burung kacer yang memiliki warna menarik dan mengkilap. Biasanya burung kacer jantan ini memiliki warna hitam yang lebih pekat daripada burung kacer betina.

Bentuk Paruh Burung Kacer

Selanjutnya adalah dengan melihat bentuk paruh burung kacer itu sendiri. Paruh burung kacer jantan biasanya lebih pendek jika dibandingkan dengan burung kacer betina. Warna paruh burung kacer sendiri baik jantan maupun betina memiliki warna hitam pada bagian atas dan bawahnya.

Bagian Lidah Burung Kacer

Hal terakhir adalah dengan melihat ciri pada bagian lidah burung kacer. Pada bagian lidah burung kace jantan ini biasanya terdapat warna hitam 1 atau 2 titik yang biasa dinamakan dengan balckspot.

Itulah beberapa cara merawat burung kacer yang bisa kami berikan. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan kata. Anda bisa melakukan cara merawat burung kacer secara rutin untuk hasil yang memuaskan. Terus kunjungi website kami agar tidak ketinggalan informasi menarik lainya.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *